Jumat, 07 Februari 2020

Kisah Abu Lahab

Pada zaman dahulu,  ada seorang yang sangat gagah dan tampan dan berkulit pitih. Ia terkenal sebagai orang yang cerdas, sukses dalam bisnisnya, dan memiliki harta yang banyak. Dia bernama 'Abdul Uzza, ia adalah paman Nabi Muhammad yang tidak pernah mau menerima dakwah islam yang disampaikan oleh Nabi Muhammad. Abdul Uzza dikenal dengan nama Abu Lahab, Karena kekafirannya itu Allah kekalkan nama Abu Lahab untuknya dan menyebutnya dengan nama Abu Lahab dalam Al-Qur'an. Lahab artinya Api, disebut Abu Lahab karena saat marah wajahnya berubah menjadi merah seperti Api. 

' Abdul Uzza memiliki istri yang bernama Ummu Jamil Aura', ia juga tidak suka dengan dakwah Nabi Muhammad, dimalam hari ia sering meletakkan kayu dan tumbuhan berduri untuk melukai Rasulullah. Karena ulahnya ia diberi julukan sebagai wanita pembawa kayu bakar. 

Karena kejahatan mereka terhadap Rasulullah, Allah mengabadikan kisah mereka di dalam Al-Qur'an dalam surat Al - Lahab. yang Artinya :

Terjemah Arti:  

1.  Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. 

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan) Merugilah kedua tangan Abu Lahab dan sengsara, karena dia telah menyakiti Rasulullah sholallohu alaihi wasallam. Sungguh kerugian Abu Lahab telah terwujud. 

 2.  Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. 

Harta dan anaknya tidak berguna baginya,keduanya tidak bisa melindunginya dari azab Allah sedikit pun bila ia turun kepadanya.

 3.  Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak.

 4.  Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar.

3-4. Dia akan masuk api neraka jahanam yang menyala nyala, Begitu juga istriya yang membawa duri-duri lalu meletakkannya di jalan yang dilalui oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk menyakiti beliau.

 5.  Yang di lehernya ada tali dari sabut. 

Dileher istrinya ada tali yang kuat dari sabut yang kasar dan keras, dia diangkat dengannya di dalam api neraka jahanam kemudian di lemparkan kebawahnya.

Bunda memilih cerita ini karena disekolah kak Qila sedang hafalan suroh Al LahabL dengan harapan kak Qila dapat memahami cerita yangYan ada dalam Al Qur'an

Kak Qila begitu antusias,  apalagi saat bunda cerita   tentang neraka

https://islami.co/ini-pelajaran-penting-dari-kisah-hidup-abu-lahab

Referensi: https://tafsirweb.com/37402-surat-al-lahab.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar