Kamis, 05 September 2019

Mencari Tau Makna Berpasangan

Alhamdulillah, level 6 sudah dimulai. Level yang awalnya membuatku sedikit ragu, apakah mampuh melewati level ini. Diriku yang tak suka dengan Matematika ini sudahparno dukuan kalau sudah denger kata Matematika. Maklum ya,,, nilai matematikaku selama sekolah jarang sekali tidak merah. wkwkwkwkwk

Setelah memahami materi yang diberikan tidak begitu rumit ternyata, karena yang perlu dicari adalah AHA moment atau menciptakan moment yang memiliki kaitan dengan matematika. Kalau menemukan AHA moment sepertinya emang sedikit sulit ya, kalau tidak jeli. Tapi kali ini bunda sedang fokus membersamai si kakak, sehingga merasa mudah menemukan AHA moment tersebut. 

Malam ini karena si adek sudah tertidur terlebih dahulu dan lumayan nyenyak, bunda bisa menemani kakak bermain. Kakak Qila mengajak bunda bermain dokter-dokteran, dia nyiapin semua peralatan dokter-dokteran berdasarkan imajinasinya. didalam karsus bekas paket ayahnya dia isi dengan kuas kecil untuk mewarnai dan kertas buju gambar yang sudah copot digulung dan dimasukkan di kardus.

Bunda langsung bertanya sama si kakak:

Bunda: Kak, itu kenapa kuas sama kertasnya dimasujin ke kardus?

Qila : Kan kakak mau main dokter-dokteran, kuasa buat ngobatin luka.

Bunda : Terus kertas buju gambarnya kenapa kok digulung?

Qila : Ini untuk perbannya loh bund....

Bunda:Merasa surprise dengan imajinasinya si kk.

karena kertas yang kakak gunakan adalah kertas yang sudah banyak gambarnya dan penuh warna. Bunda langsung bergegas mencari buku gambar yang kosong  dan mengambil selembar kertas untuk dijadikan perban. Bunda jelaskan pada kak Qila kalau untuk perban itu harus pake yang bersih biar lukanya cepet sembuh.

Setelah itu si kakak berperan menjadi dokter dan bundanya menjadi pasien, tangan bundanya dioles tuh pake kuas seolah sedang diolesi betadineb dan kemudian diperban pale kertas putih tadi.

pada moment ini, bunda temukan AHA moment saat bermain, yaitu tentang kata "Pasangan /Berpasangan". karena Kak Qila perban tangan bunda yang kiri, lalu bunda bilang begini:

Bunda: Kak, tau enggak kenapa Allah kasi kita dua tangan?

Qila : Emmm kenapa bunda?

Bunda :Karena, kalau salah satu tangan kita sakit, kita masih bisa melakukan sesuatu dengan tangan yang lain. coba kakak ingat, kemarin pakde tangannya diperban kan yang kanan? tapi pakde masih bisa makan pake tangan kiri. coba kalau kita cuma punya satu tangan kita akan kesulitan melakukan sesuatu jika tangan kita sakit. Siapa yang kasi kita tangan kak?

Qila : Allah bunda

Bunda : Nah, Allah baik kan kk?

Qila : Iya bunda

Bunda: Makanya, kakak harus bersyukur, sekarang tangan kita masih sehat, harus dijaga dengan baik, kalau main harus hati-hati. Oh iya,, Kakak tau gak sih apa itu berpasangan?

Qila : enggak bunda

Bunda : Berpasangan itu adalah sesuatu yang Allah ciptakan berdampingan atau ada dua. contohnya tangan kita, ada yang kanan dan kiri. Coba sekarang kakak sebutkan, anggota badan yang mana saja yang berpasangan?

Qila : Pundak bunda, pundak kanan dan kiri. dst disebutkan kak Qila satu persatu

Moment menyebutkan anggota tubuh yang berpasangan ini bunda rekam lewat video sebagai dokumentasi pribadi untuk seru-seruan. silahkan tonton melalui link berikut:

https://youtu.be/3mJeHcg4CvI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar