Kamis, 12 September 2019

Sudahkah Mengenal Angka?

Bunsay memang merubah banyak hal dalam keseharianku. Terutama dalam membuat aktivitas bersama ananda. Meski terkadang sepertinya sulit meluangkan waktu bersamanya, namun kembali lagi ke tujuan awal, anak harus lebih diutamakan dari segalanya.

Dulu hanya fokus pada suami dengan segala kekurangannya sehingga aku terlihat seperti manusia yang tak pernah bersyukur. Sekarang aku alihkan segala fikiran untuk bisa maksimal membersamai anak-anak. Berat memang, tapi kalau ikhlas menjalaninya, semuanya berasa ringan.
Baiklah, kembali kepada looking for AHA moment pada aktivitas sehari-hari.

Alhamdulillah ternyata Allah selalu memudahkan setiap jalan jika kita niatkan bener-bener, sampai hari ke delapan ini masih bisa menemukan AHA moment saat kakak sedang bermain. Meski tiap malam galau, besok bakal nemu AHA moment gk ya? dll... Ternyata ada saja situasi yg bisa menemukan AHA moment dlm finding Math Around Us.

Hari ini, sehabis mendampingi kakak mengaji, kakak terlihat Asyik bermain puzzle bersama adiknya. Seolah mengajarkan pada si adek, dan si kakak jadi gurunya..

Bunda perhatikan kak Qila saat menyebutkan angka-angka sembari mendikte si adek. ini satu dek, dua, tiga,,, dan seterusnya,,, dia sebut angka secara acak. ketika dia menunjuk salah satu angka dan dia tidak tau, langsung bertanya pada bunda,,,

Qila : ini angka berapa bund?

Bunda : angka Enam, jawab bunda..

Qila :loh kok yang ini sama angkanya?

Bunda: mmmm yang ini harusnya angka sembilan kak, kakak masangnya terbalik, nah kalau angka sembilan begini bentuknya...

Qila : Mantuk2 seolah paham dengan penjelasan bundanya...

Ternyata dari bermain puzzle ini secara tidak langsung bunda tau ternyata sudah banyak angka yang di kenal kak Qila, hanya angka 5,6,8, dan 9 saja yang belum ia ketahui. Selama ini bunda emang tidak pernah mengajarkannya tentang angka dan huruf hanya sebatas menyanyikan angka dan huruf, tapi untuk menghafal bentuknya belum pernah. Ternyata kak Qila sudah mengetahui banyak angka tanpa bunda sadari, mungkin dia tau dari film yang ditontonnya atau saat dia sesekali menanyakan angka pada jam kepada ayah atau bundanya.

Tak perlu bersusah payah memang mengajarkan sesuatu pada kak Qila, selama moodnya baik, pasti pelajaran cepet nempel. Mulai sekarang yang sedang bunda usahakan yaitu membuat moodnya selalu baik agar semangatnya selalu berkobar dalam hal apa saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar