Senin, 30 Desember 2019

Bersama Teman Aku Bahagia



Bersama Teman Aku Bahagia

Begitulah mungkin yang ingin diungkapkan kak Qila. Setiap pagi selesai mandi, pasti kak Qila minta keluar rumah, alesannya pengen main deket bawah pohon kersen. Karena disamping rumah bagian belakang ada meja dan kursi yang disediakan ayahnya yang  berada didekat pohon kersen. Bermain dibawah pohon, begitulah alasannya tiap hari jika ingin keluar dari rumah. Mungkin kalau main kerumah temen sering dilarang bunda. Jadi kakak selalu bilang ingin main dibawah pohon, dan kalau sudah berada disitu nanti temennya akan menghampiri, setelah itu kak Qila akan ikut main kesana kemari. Kadang main di dalam rumah atau main dirumah atau main dirdiru temennya.

Kak Qila selalu punya trik, padahal dia masih kecil, kalo istilah ayahnya pinter nglempeke(mengalihkan) agar tidak fokus terhadap yang dituju. Sebenarnya bunda tau maksudnya kakak, bunda selalu memboltmain kalau alesannya dibawah pohon, karena kalau mainnya disitu kak Qila gak akan oergi jauh dan bunda akan dengan mudah ngecheck kakak main diluar sambil masak dan melakukan pekerjaan lain didapur. 

Sebenernya bukan ingin melarang kak Qila main dirumah temennya, hanya saja bunda merasa segan jika merepotkan yang punya rumah. kadi bunda bolehin si kakak kalau mai  dibawah pohon. Karena kakak semakin gede dan semakin ingin mengekspresikan semua keinginannya, selama itu masih positif bunda selalu izinkan. Kakak suka bermain bersama temnnya, seperti umumnya anak-anak. Kak Qila suka gak betah berada dirumah, bosen katanya. Bunda repot dengan pekerjaan rumah sementara ayah belerja diruang depan. Si adek biasanya kalau habis mandi bobog, jadilah dia kesepian. Kalau bunda pas tidak masak bermacam-macam kakak selalu b unda temenin mainnya dibawah pohon, tapi kalau ada temennya dateng, kakak lebih milih temennya. Mungkin lebih asyik kali ya, bisa lari sana sini, sementara main sama bunda cuma bermain peran saja, wkwkwwk

Bunda tidak membatasi kakak untuk bermain dengan temannya, karena bermain bersama teman sama halnya mengakarkan kakak hidup bersosialisasi. Agar kak Qila bisa belajar memahami karakter teman-temannya. Yang selalu bunda tanamkan dalam diri kak Qila yaitu rasa percaya diri dan tidak ikut-ikutan. Misalnya saja ketika beli jajan atau mainan, bunda minta kakak memilih yang dia suka, bukan ikut-ikutan. Karena kak Qila selalu ingin seperti pilihan temannya, bhnda selalu menegaskan agar memilih yang dia suka tidak harus seperti temannya. Begitulah setiap harinya. bunda ingin kak Qila memiliki rasa percaya diri yang tinggi agar tidak mudah terbawa lingkungannya. dan rasa percaya diri itu harus ditanamkan sedini mungkin. karena umumnya anak-anak itu suka meniru dan ikut - ikutan, bunda maklumi itu, tapi tetap harus diarahkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar