Selasa, 30 April 2019

Uang Bulanan

Malam ini karena kebetulan suami melek, tak bangunin karena belum makan padahal katanyakmau puasa.  aq coba kasi rincian pengeluaran keuangan selama satu bulan kedepan dengan harapan dia tau uang yang dia beri dibulan mei ini habis untuk apa saja.

ini mas rincian pengeluaran bulan Mei, aq udah buat, monggo klo mau dibaca, kaloklagi gak mood ya nanti-nanti saja. ucapkuuu..

 selang beberapa menit diambilnya ponselku dibukanya kunci dan langsung menampakkan rincian tersebut

Tapi, yang terjadi tak seperti apa yang aku harapkan. Mukanya tiba-tiba terlihat sebal dan penuh amarah.

Gimana mas,, paham kan rinciannya? tanyaku.. 

jawabnya:

Berarti selama ini uang yang aku kasi gak nyisa sama sekali?

iya, enggak, lha itu aja sering kurang

Uang rokokku akhirnya gak masuk disitu to?

aq hanya diam, dan mbatin lha klo rokok masuk di uang belanja rokok sehari aja 15rb, lebih banyak dari jajan Qila  

padahal selama uang belanja aq beri bulanan Qila jajan lebih sering pakai uangku. 

Iya, makanya mulai bulan ini aku coba bikin rincian buat jajan Qila karena Qila sehari jajajn bisa sampe 10rb

Aku akhirnya buka bicara,,,, 
Dengan kesal, dan biasa aq pasti nangis klo jengkel bukan karena lebay atau apa air mataku suka keluar kalau aku kesal sm orang...

Mas itu tak buat rincian biar sampean paham, uangnya buat apa aja. Aq kalau mau punya penghasilan ya bingung mau kerja apa ucapku. .  

ini Qila belum sekolah loh, kalau begitu terus yang ada kalau Qila sekolah aku yang nombokin.

lagi lagi aq diam dan mbatin, dia kan anakmu, ya tanggung jawab kamu sebagai kepala keluarga memenuhi kebutuhan anaknya. 

sudah 3 bulan aku gak bisa nabung, padahal sebelumnya waktu kasi mingguan aku bisa nyelengin sedikit tiap bulannya

yaudah dibuat mingguan gak apaa yang minta bulanan kan sampean, aq coba turuti dulu. 


Suami angkat bicara lagi:
Sampean tak suruh jual yang ada di etalase gak mau tak suruh milih apa aja yg bisa dijual disitu gak mau, selalu bilang gak bisa ini lah itulah

Bukannya gak mau mas, sampean klo orang salah dikit seringnya marah dari pada aku dimarahin sakit hati mending gak usah

setelah obrolan tadi, ananda terbangun dan merengek, aq langsung ke kamar menghampiri. Sambil ngelonin aq terisak,,, suami tiba2. lewatlkamar terus ngomong : Kamu siapkan berkas, 2 bulan kedepan cari kerjaan, urusan rumah biar pembantu yang urus. begitulah ucapnya... 

Setelah ananda tdr lagi aq hampiri suami yg mulai memegang kerjaannya.

Mas mulai kerja? terus ini gimana? rokoknya mau dimasukkan list? 

Lha kui wae wis entek duite, , 

Kan bisa dikurangi yangymenurut sampean gak penting. 

Sekarang kita ngomong pake logika, itu uang  mseandainyamdisisihkan sebagian, ditabung, kan bisa untuk keperluan yang lain saat butuh. Maksud aku ngasi bulanan itu biar kamu bisa nabung, kui duite sampean coba sisihkan sekian misal 400rb, sisanya untuk kebutuhan. 

mas itu bukan uangku jawabku, itu untuk kebutuhan dirumah. 

lha terus piye? duite awak e dewe? 

aq hanya diam dan mbatin, lagi2 airmataku tak dapat aq bendung. kamu uda lihat rincian pengeluarannya kok masih aja maksa. aq kesal karena dia selalu bilang uangku sementara aku tak pernah menggunakannya untuk kepentingan pribadi. 




Malam iniirasanya Batinku bergejolak penuh amarah, aq coba tahan agar mulutku tak mengeluarkan kata-kata yang menyakitkannya.

andaia saja aku mau protes. .
berikutlah yang ingin aq sampaikan padanya :

Mas, uang yang sampean kasi itu tidak aq gunakan untuk yang aneh-aneh saja sampean merasa keberatan, apa pernah aku minta uang buat beli baju buat beli Emas, make up dan sebagainya??

Aq ngangsur itu karena aq gak bisa beli barang yang aku butuhkan secara kontan. itu juga aq terpaksa karena akuagak tega lihat anakku pakai pakaian lungsuran terus. pakaian si kakak sudah banyak yang kecik dan cingkrang aku gak tau harus bagaimana.

asal kamu tau mas, aq pinjam ke pkk karena aq butuh untuk nutupi kekurangan belanja. aq cuma pinjem 200rb, karena aq paling takut punya hutang, uang anak-anak yang dikasi orang orang  aku pakai juga utk kekurangan. uangku yang dikasi ortu, emasku yang 6 gram ludes semua buat nutupi kekurangan selama nikah.

dengan seenaknya kamu ngomong 2 bulan kedepan siapkan berkas, cari kerja, urusan rumah cari pembantu. Nanti kalau kamu repot dan pembantu gak  isa nangani anak apa kamu marah ke oembantu? gak bakal, pasti aqayang jadi tempat pelampiasan amarahmu.

Mas, hampir aja malam ini aq mau bunuh diri. lagi lagi fikiranku bunuh diri terus kalau aq kesal karena ulahmu. karena ucapanmu. tapi aq lirik anak-anak, klo aq mati anakku gmn? yg ngurusi mkn, minum, mandim dan pakaian ny siapa? yg nyusuinsi adek siapa?
Akhirnya aq urungkan lagi lah niat burukku itu, aq masih bisa nahan kali ini,   entah dihari berikutnya


pengen aja rasanya aq nyeletuk:

coba klo pagi km gk tdr  jagain anak2 terus aq masak kan bisa hemat. wong kamu makan aja maunya yang enak, bilangnya doyan tahu tempe, dimasakin tahu tempe gak dimakan gak selera, aq jadi istri kudu piye? akhirnya aku coba beli lauk buat km biar km makannya enak dan aq klo makan lebih sering tanpa sepengetahuan km biar km gk tau klo aq makan cuma pake sayur tok ato sambel tok klo ada lauk sisa si kakak alhamdulillah, ,

akhir bulan april ini sengaja aku jual emas yang ada biar aq gak pinjem kamu untuk nutupi kekurangan kebutuhan. Giliran aq ngasi rincian belanja bulan mei km gak terima.

Mas, kalau memang kehadiranku di hidupmu hanya membuatmu susah, ingin sekali aku sampaikan, cukuplah berakhir disini, , , bahagiakan dirimud tak usah risaukan aku dan ank2, biarlah aq kembali ke pangkuan ibuku yang tak pernah lelah berada disampingku.

kenapa lagi-lagi tak enak hati hanya gara-gara uang? apa kau tak ikhlas? apa kau terbebani? bukankah rizki udah ada yang atur? kenapa begitu pelit?

dlu kau minta aq yg jaga anak, kenapa disaat aq mulai nyaman hanya karena uang kau ingin menyerahkan anakmu ke pembantu?

knp bukan aq aja yg kau gaji agar uang itu bisa aku manfaatkan untuk kebutuhan anak2, aq mau kerja tp yang gak terikat dengan siapapun. dan aku minta kerja samanya dalam mengurus anak.

ahhhh entahlah akan aku penuhi permintaanmu agar aku melamar kerja entah tidak, aku masih berberat hati menitipkan anak padaporang lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar